twitter




Bagi masyarakat palembang pempek pistel atau kadang disebut juga pempek kates sudah biasa didengar atau dimakan, tapi bagi yang nggak tau pasti merasa agak sedikit aneh. masa' ada pempek isinya kates? itu pertanyaan para tetangga ku yang umumnya orang jawa.

Akhirnya singkat kata , saya buat pempek pistel di rumah walaupun disini susah mencari pepaya muda atau dalam bahasa Palembang kates muda. Setelah jadi saya bagi-bagi ke tetangga , wah ternyata pada doyan makan pempek pistel ,mereka bilang kapan-kapan bikin lagi ya bu terus kalau bikin panggil kami ya biar sekalian belajar.

sebenarnya bikin pempek pistel itu sangatlah mudah karena pempek nggak perlu direbus langsung digoreng aja. untuk bahan isi yaitu pepaya muda diparut dangan parutan khusus terus ditumis dengan bumbu seperti bawang merah,bawang putih dan merica dan diberi sedikit penyedap rasa.

Untuk pempeknya sendiri tepung terigu yang sudah disiram air panas diuleni dengan tepung sagu kalau orang palembang menyebutnya tapi kalau disini disebut tepung kanji. untuk tepung kanji sendiri jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan adonan keras dan bilah di goreng akan mentah di bagian dalamnya dan jangan lupa adonan diberi garam baru setelah itu dibentuk seperti pistel ataupun kadang di blang sebagian orang pastel kemudian digoreng dengan api sedang, selamat mencoba!!!!!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar